Constructive Cost Model (COCOMO) adalah algoritma estimasi biaya perangkat lunak model yang dikembangkan oleh Barry Boehm . Model ini menggunakan dasar regresi formula, dengan parameter yang berasal dari data historis dan karakteristik proyek proyek saat ini.
COCOMO pertama kali diterbitkan pada tahun 1981 Barry Boehm W. 's Book rekayasa ekonomi Perangkat Lunak sebagai model untuk memperkirakan usaha, biaya, dan jadwal untuk proyek-proyek perangkat lunak. Ini menarik pada studi dari 63 proyek di TRW Aerospace mana Barry Boehm adalah Direktur Riset dan Teknologi Perangkat Lunak pada tahun 1981. Penelitian ini memeriksa proyek-proyek ukuran mulai dari 2.000 sampai 100.000 baris kode , dan bahasa pemrograman mulai dari perakitan untuk PL / I . Proyek-proyek ini didasarkan pada model waterfall pengembangan perangkat lunak yang merupakan pengembangan software proses lazim pada tahun 1981.
Referensi untuk model ini biasanya menyebutnya COCOMO 81. Pada tahun 1997 COCOMO IItelah dikembangkan dan akhirnya diterbitkan pada tahun 2000 di Perangkat Lunak Perkiraan Biayabuku dengan COCOMO II. COCOMO II adalah penerus dari COCOMO 81 dan lebih cocok untuk mengestimasi proyek pengembangan perangkat lunak modern. Hal ini memberikan lebih banyak dukungan untuk modern proses pengembangan perangkat lunak dan basis data proyek diperbarui. Kebutuhan model baru datang sebagai perangkat lunak teknologi pengembangan pindah dari batch processing mainframe dan malam untuk pengembangan desktop, usabilitas kode dan penggunaan komponen software off-the-rak.. Artikel ini merujuk pada COCOMO 81.
Jenis-Jenis COCOMO :
1. COCOMO dasar
Menghitung
usaha pengembangan perangkat lunak (dan biaya) sebagai fungsi dari ukuran
program. Ukuran program dinyatakan dalam ribuan estimasi baris kode ( KLOC )
COCOMO
berlaku untuk tiga kelas proyek perangkat lunak:
•
Organik proyek - "kecil" tim
dengan pengalaman "baik" bekerja dengan "kurang dari kaku"
persyaratan
•
Semi-terpisah proyek -
"sedang" tim dengan pengalaman bekerja dicampur dengan campuran
persyaratan kaku kaku dan kurang dari
•
Embedded proyek - dikembangkan dalam
satu set "ketat" kendala (hardware, software, operasional, ......)
2.
Intermediate COCOMO
Intermediate
COCOMO menghitung usaha pengembangan perangkat lunak sebagai fungsi ukuran
program dan sekumpulan "cost drivers" yang mencakup penilaian
subjektif produk, perangkat keras, personil dan atribut proyek. Ekstensi ini
mempertimbangkan satu set empat "cost drivers", masing-masing dengan
sejumlah atribut anak.
•
Atribut produk
·
Perangkat lunak yang disyaratkan
reliabilitas
·
Ukuran database aplikasi
·
Kompleksitas produk
•
Hardware atribut
·
Run-time kinerja kendala
·
Memori kendala
·
Volatilitas lingkungan mesin virtual
·
Diperlukan waktu pembalikan haluan
•
Personil atribut
·
Analis kemampuan
·
Kemampuan rekayasa perangkat lunak
·
Aplikasi pengalaman
·
Mesin virtual pengalaman
·
Bahasa pemrograman pengalaman
•
Proyek atribut
·
Penggunaan perangkat lunak
·
Penerapan metode rekayasa perangkat
lunak
·
Diperlukan jadwal pengembangan
2.
Detil COCOMO
Detil
COCOMO menggabungkan semua karakteristik versi intermediate dengan penilaian
dampak cost driver di setiap langkah (analisis, desain, dll) dari proses
rekayasa perangkat lunak 1. model rinci kegunaan yang berbeda upaya pengali
untuk setiap driver biaya atribut tersebut Sensitif pengganda Tahap upaya
masing-masing untuk menentukan jumlah usaha yang dibutuhkan untuk menyelesaikan
setiap tahap.
Pada
COCOMO rinci, upaya dihitung sebagai fungsi dari ukuran program dan satu set
driver biaya yang diberikan sesuai dengan tiap tahap siklus hidup rekayasa
perangkat lunak. Fase yang digunakan dalam COCOMO rinci perencanaan kebutuhan
dan perancangan perangkat lunak, perancangan detil, kode dan menguji unit, dan
pengujian integrasi.
Sumber :
- http://ethownside.blogspot.com/2012/04/constructive-cost-model-cocomo.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar